Tanya Wanita

Toxoplasma

Dok, apakah parasit toxoplasma itu bisa diobati atau dihilangkan? Karena saya punya kucing, rencana saya sebelum menikah saya ingin periksa apakah saya terinfeksi parasit tersebut atau tidak. Terimakasih sebelumnya :)
User avatar
Tiny Macaroons
14 November 2016

Share to
Doctor Image
Answered by Dr. Falla Adinda

Manusia atau hewan dapat tertular bila menelan kista atau ookista toxoplasma. Kista atau ookista ini bersifat seperti telur. Telur yang tertelan tersebut akan menetas dan berkembang di dalam tubuh hewan atau manusia.

Kista tersebut dapat hidup dalam otot (daging) manusia dan berbagai hewan lainnya. Penularan juga dapat terjadi bila hewan atau manusia tersebut memakan daging mentah atau daging setengah matang yang mengandung kista toxoplasma.

Kista toxoplasma juga dapat hidup di tanah dalam jangka waktu tertentu. Dari tanah ini toxoplasma dapat menyebar melalui hewan, tumbuh-tumbuhan atau sayuran yang terkontaminasi. Sebagian besar manusia yang terinfeksi tidak ada gejala sama sekali tapi bila dibiarkan bisa berpotensi mengganggu kesuburan dan proses kehamilan. Sebaiknya kamu bisa periksa TORCH, bila hasilnya positif kamu bisa diskusikan mengenai hal ini lebih lanjut.


Comments

Please login to comment

0 responses

Related Questions

Tanya Wanita

Gimana cara biar cepat hamil?

by Sugar Plum
Answered by
Dr. Falla Adinda
Tanya Wanita

telat haid

by Pink Cupcake
Answered by
Dr. Falla Adinda
Tanya Wanita

Mempunyai labia minora lebih panjang normal kah?

by Cherry Blossom
Answered by
Dr. Falla Adinda