Well Being

Sakit saat menstruasi

Halo, dokter Falla. Mau nanya, aktif berhubungan seksual berpengaruh terhadap sakit waktu menstruasi ndak sih? Kalo sakitnya banget, itu normal kan ya, Dok? Sakitnya pas haid hari pertama aja sih. Terima kasih.
User avatar
Yellow Buttercup
11 October 2016

Share to
Doctor Image
Answered by Dr. Falla Adinda

Halo, Dear..

Nyeri ketika berhubungan seksual dan nyeri ketika Red Days umumnya merupakan 2 hal yang berbeda, tapi pada beberapa kasus bisa saja berhubungan.

Nyeri pada saat Red Days disebabkan karena dinding rahim sedang mengalami kontraksi untuk mengeluarkan darah Red Days, sedangkan nyeri saat berhubungan seksual disebabkan otot di area dinding rahim tidak rileks, selain itu bisa juga disebabkan karena kurangnya pelumas.

Nyeri saat berhubungan seksual banyak kasus karena faktor psikologis, perempuan tidak merasakan kenyamanan yang menyebabkan otot vagina yang seharusnya melonggar menjadi justru kontraksi. Bisa juga disebabkan karena faktor anatomis seperti rahim yang condong mengarah ke belakang (retrofleksi), liang vagina yang lebih sempit atau cairan vagina memang tidak banyak.

Nah, untuk nyeri saat Red Days dinamakan dismenore. Umumnya dirasakan semua perempuan yang sedang Red Days, selama nyeri tersebut tidak mengganggu aktivitas maka masih dianggap normal. Bila sangat mengganggu, maka kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk dicari penyebabnya.

Kondisi seperti endometriosis, tumor pada rahim, penyakit radang panggul, infeksi menular seksual dll bisa menyebabkan nyeri Red Days yang lebih hebat ketika Red Days. Untuk kasus seperti yang saya sebutkan di atas, deteksi dini lebih memudahkan dokter untuk menanganinya.

Jadi, jangan ragu konsultasikan ke dokter ya.


Comments

Please login to comment

0 responses

Related Questions

Well Being

pemulihan setelah operasi

by Ivory Rose
Answered by
Dr. Falla Adinda
Well Being

Apakah normal rasa lapar yang melanda setelah berolahraga ?

by Daisy Camomile
Answered by
Dr. Falla Adinda
Well Being

Apa hubungannya PMS dengan moodswing?

by Sugar Plum
Answered by
Dr. Falla Adinda