Tanya Wanita

hamil kosong

Saya mengalami hamil kosong di usia kehamilan 8minggu, saya mau tanya penanganan hamil kosong tanpa kuretase aman kah? Saya kemarin hanya diberi obat supaya keluar
User avatar
Sea Breeze
11 October 2016

Share to
Doctor Image
Answered by Dr. Falla Adinda

Hai Dear,

Hamil kosong atau disebut dengan blighted ovum adalah kondisi di mana hanya terdapat kantong janin dalam rahim tapi tidak berkembang menjadi janin yang normal. Hal ini terjadi karena telur yang awalnya sudah dibuahi sempurna tidak berkembang secara sempurna.

Awalnya memang perempuan merasakan tanda-tanda kehamilan dan testpack dinyatakan positif, tapi pada pemeriksaan USG transvaginal tidak didapatkan adanya pertumbuhan janin sesuai dengan usianya. Gejala dari blighted ovum ini biasanya adalah perdarahan yang keluar dari liang vagina setelah dinyatakan hamil, terkonfirmasi dari USG transvaginal tidak ditemukan adanya janin yang berkembang.

Biasanya, memang dokter akan melakukan upaya kuretase untuk pembersihan sisa jaringan yang masih menempel. Tapi untuk beberapa kasus memang dokter tidak perlu melakukan kuretase karena pada pemeriksaan dianggap sudah bersih dan tidak ada sisa jaringan.

Lebih baik, setelah obat habis, kamu kembali kontrol ke dokter untuk dilihat apakah perlu kuretase atau tidak.


Comments

Please login to comment

0 responses

Related Questions

Tanya Wanita

Gimana cara biar cepat hamil?

by Sugar Plum
Answered by
Dr. Falla Adinda
Tanya Wanita

telat haid

by Pink Cupcake
Answered by
Dr. Falla Adinda
Tanya Wanita

Mempunyai labia minora lebih panjang normal kah?

by Cherry Blossom
Answered by
Dr. Falla Adinda