Vaginal Health

Apa penyebab keputihan?

Hi min, namaku Angelique, umurku 18 tahun. Ada cairan putih keluar waktu aku mens baru-baru ini, tapi keluarnya di luar waktu PMS dan mens aku... Penyebabnya apa ya min? Terima kasih
User avatar
Cute Pie
19 September 2016

Share to
Doctor Image
Answered by Dr. Falla Adinda
Halo, terima kasih sudah bertanya di Tanya Wanita!
Untuk keputihan, pada dasarnya ada dua jenis yang terbagi atas penyebabnya.

1. Keputihan Fisiologis. Muncul karena secara normal diproduksi oleh wanita dan fungsinya adalah untuk membersihkan organ intim. Pada kondisi tertentu produksi cairan vagina dapat meningkat, misalnya saat ovulasi, menjelang menstruasi, dan dalam kehamilan. Dalam kondisi normal cairan vagina yang diproduksi tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak gatal/perih.

2. Keputihan Patologis. Keputihan ini biasanya menandakan ada infeksi atau penyakit yang jika dibiarkan dapat mengganggu kesehatan daerah 'Miss V' mu. Keputihan ini dapat timbul karena daerah 'Miss V'-mu tidak bersih atau jika ada aktivitas seksual yang di luar kebiasaan. Keputihan patologis bisa ditandai dengan keluarnya cairan yang berwarna pekat (kuning, hijau, coklat), berbau dan disertai rasa nyeri.
Kalau jenis keputihanmu lebih cenderung pada keputihan patologis, tak ada salahnya mengkonsultasikannya pada dokter karena kamu bisa langsung tahu penyebab dan penanganannya. Semoga menjawab :)

Comments

Please login to comment

0 responses

Related Questions

Vaginal Health

Air yang keruh bahaya kah untuk bagian kewanitaan saya?

by Tiny Macaroons
Answered by
Dr. Falla Adinda
Vaginal Health

Cara mengatasi keputihan ?

by Fluffy Honey
Answered by
Dr. Falla Adinda