Tanya Wanita

Apa penyebab bagian jahitan mengeras setelah operasi ?

Hallo dok :)

Umur saya 23 tahun, kurang lebih 1 bulan yang lalu saya operasi tumor payudara, kanan dan kiri. Sekarang, jahitan operasi saya sudah berangsur mengering. Benang jahitan belum dibuka dan saya masih memakai perban. Tapi, bagian payudara saya tepat di bawah jahitan tersebut jadi sedikit mengeras, apa hal tersebut wajar dok ?

Terima kasih
User avatar
Pink Cupcake
26 October 2016

Share to
Doctor Image
Answered by Dr. Falla Adinda

Halo.

untuk bagian yang mengeras besar kemungkinan karena bekas jahitan yang benangnya belum diangkat. Ketika kontrol, ada baiknya kamu tanyakan mengenai bagian yang mengeras ini. Bila luka jahitan bersih dan tidak ada infeksi, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Bila kamu memiliki riwayat keloid, tekstur keras bisa juga dikarenakan keloid.

Keloid adalah kelainan pada kulit akibat pertumbuhan jaringan luka yang tidak normal atau berlebih setelah pulihnya cidera atau luka yang dalam, termasuk luka bekas jahitan. Keloid merupakan lesi kulit berserat yang tidak berpotensi menjadi keganasan. Normalnya, jaringan luka atau fibrosa tumbuh untuk memperbaiki dan memperbaharui kulit. Namun, pada beberapa kasus, jaringan luka yang tumbuh untuk memperbaharui ini tumbuh berlebihan. Tapi, keloid merupakan kondisi yang tidak berbahaya ya, Dear.



Comments

Please login to comment

0 responses

Related Questions

Tanya Wanita

Gimana cara biar cepat hamil?

by Sugar Plum
Answered by
Dr. Falla Adinda
Tanya Wanita

telat haid

by Pink Cupcake
Answered by
Dr. Falla Adinda
Tanya Wanita

Mempunyai labia minora lebih panjang normal kah?

by Cherry Blossom
Answered by
Dr. Falla Adinda