Feminine Health

View (106)

Bagikan

NYERI SAAT MENSTRUASI WAJAR ATAU TIDAK? KETAHUI PENYEBABNYA!

 

Hi Ladies, beberapa dari kita sering mengalami nyeri saat menstruasi. Dalam dunia medis, nyeri saat menstruasi dikenal dengan istilah dismenorrea.  Nyeri dapat dirasakan pada bagian daerah perut bagian bawah menjalar hingga ke punggung atau menuju permukaan dalam paha. Nyeri biasanya mulai terjadi pada 24 jam (1 hari) sebelum terjadinya perdarahan menstruasi dan

dapat dirasakan selama 24-36 jam (2-3 hari selama masa menstruasi).

Mens-1

Nyeri ini merupakan hal yang wajar karena dinding rahim yang berkontraksi ketika meluruhnya darah akibat tidak terjadinya pembuahan pada sel telur. Pada remaja yang baru mengalami menstruasi, nyeri dapat terjadi karena alat-alat reproduksi belum berfungsi secara optimal dan belum siap mengalami perubahan-perubahan dan masih terjadinya penyempitan pada leher rahim, sehingga timbul nyeri saat menstruasi.

Pada perempuan yang sedang menstruasi, akan terjadi pengeluaran suatu zat atau hormon bernama prostaglandin yang berfungsi merangsang kontraksi rahim. Semakin banyak jumlahnya, maka semakin nyeri sensasi yang dirasakan. Jika selama siklus menstruasi terjadi kontraksi yang terlalu kuat, hal tersebut bisa menekan pembuluh darah di dekatnya, sehingga suplai oksigen ke dalam rahim terpotong atau terhambat. Hal ini mengakibatkan rendahnya level oksigen dalam rahim yang menyebabkan munculnya rasa sakit dan kram perut.

Semakin tua usia, semakin rutin perempuan mengalami menstruasi, maka leher rahim bertambah lebar sehingga sekresi (proses pengeluaran) hormon prostaglandin akan semakin berkurang dan dismenorrea nantinya akan hilang sejalan dengan menurunnya fungsi saraf rahim akibat penuaan.

Pencegahan nyeri saat menstruasi bisa dilakukan dengan perbanyak konsumsi buah, sayur dan air putih. Jika nyeri tidak terlalu parah, dapat ditangani sendiri tanpa harus ke rumah sakit. Dapat juga mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun jika rasa nyeri sudah parah sehingga mengganggu aktivitas, dapat dikonsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Jika merasa tidak enak badan, lemas, mood yang berubah-ubah dan mudah marah sebelum menstruasi terjadi, ini juga merupakan hal yang wajar. Seperti juga payudara yang terasa nyeri & pinggang terasa pegal beberapa hari sebelum menstruasi terjadi. Hal-hal tersebut disebabkan karena perubahan hormonal sebelum menstruasi yang dapat menyebabkan perubahan fisik & psikis, biasa disebut dengan istilah Pre-Menstrual Syndrome (PMS) atau sindrom prahaid.

 

Produk BETADINE Feminine Care