Feminine Health

View (341)

Bagikan

Normalkah Menstruasiku?

 

Setiap bulannya perempuan akan mengalami siklus menstruasi. Banyak diantara kita yang bertanya-tanya, kadang siklus menstruasi terjadi lebih cepat, kadang juga lebih lambat. Apakah siklus menstruasi selama ini normal atau tidak?

TW2

Siklus red days atau menstruasi berkisaran antara 21 s.d. 35 hari, umumnya sekitar 28 hari. Ada juga yang siklusnya 24 hari atau bahkan 30 hari. Kisaran siklus menstruasi tersebut memungkinkan menstruasi terjadi selama 2 kali dalam satu bulan, jika mendapat siklus antara 21 s.d. 25 hari. Maka dari itu penting untuk mencatat hari pertama menstruasi-mu setiap bulan, agar Ladies bisa mengetahui apakah siklusmu normal atau tidak.

Siklus tidak normal salah satu penyebabnya karena hormon yang terganggu. Hal tersebut dapat terjadi saat stress, jarang berolah raga dan olah raga berlebih, serta makan makanan yang kurang sehat untuk tubuh.

Saat Ladies sedang stres, bagian otak yang berfungsi mengatur siklus menstruasi (hipotalamus) akan menjadi terganggu. Kondisi ini menyebabkan hormon pengatur siklus menstruasi yang dihasilkan menjadi tidak seimbang, sehingga haid menjadi tidak teratur.

Saat menstruasi, sirkulasi darah lebih lancar jika Ladies rutin berolahraga. Rasa nyeri, sakit kepala, dan tidak nyaman yang dialami saat menstruasi pada dasarnya disebabkan karena kekurangan darah dan zat besi. Hal tersebut bisa diatasi dengan olahraga dan menghindari konsumsi junk food.

Olah raga teratur dengan intensitas yang tepat selain dapat menjaga kebugaran tubuh juga dapat meminimalisir nyeri dan kram saat menstruasi. Namun olah raga berlebih dapat menyebabkan siklus menstruasi tertunda, apalagi jika kekurangan nutrisi. Ketika kadar lemak dalam tubuh di bawah 20 persen, siklus menstruasi akan menjadi tidak teratur. Maka dari itu, penting untuk kita menjaga hormon tetap stabil ya, Ladies!

Kapan menstruasi disebut tidak normal?

  1. Jumlah darah yang keluar sangat banyak, hingga harus mengganti pembalut di tengah malam atau setiap jam sekali
  2. Merasakan sakit atau nyeri yang luar biasa sebelum atau saat red days hingga tidak dapat menjalankan aktivitas sehari-hari
  3. Red days berlangsung selama lebih dari 7 hari dengan jumlah darah normal berturut-turut
  4. Terdapat gumpalan darah berukuran besar
  5. Mengalami pendarahan di luar siklus menstruasi
  6. Tidak mengalami menstruasi selama 3 bulan (kecuali baru pertama kali menstruasi, siklus masih berubah-ubah)

Jika Ladies mengalami ciri-ciri tersebut, segera periksakan ke dokter.

Produk BETADINE Feminine Care