Feminine Health

View (332)

Bagikan

APA YANG HARUS DILAKUKAN SAAT KRAM PERUT SELAMA MENSTRUASI?

 

Kram perut atau dismenorrea berasal dari bahasa Yunani yaitu dys (gangguan atau nyeri hebat atau abnormalitas), meno (bulan) dan rhea yang artinya flow atau aliran. Dismenorrea adalah nyeri pada daerah panggul akibat menstruasi dan produksi zat prostaglandin.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Kram Perut Selama Menstruasi?

Terdapat beberapa cara untuk mengatasi kram perut saat menstruasi. Dapat dengan obat-obatan dan tanpa obat-obatan. Berikut cara untuk mengatasi kram perut secara alami, tanpa konsumsi obat-obatan :

1. Kompres dengan botol hangat.

Ladies dapat mengompres tepat pada bagian yang terasa kram. Biasanya terjadi di area perut atau di pinggang bagian belakang. Rasa hangat dapat membantu untuk menenangkan otot perut yang tegang

2. Relaksasikan diri dengan mengatur nafas & melakukan peregangan ringan.

Tarik nafas dalam-dalam dan secara perlahan lalu buang. Ulang selama beberapa kali. Disarankan dengan posisi tubuh rileks

3. Atur pola makan. 

Saat sedang kram karena menstruasi, baiknya konsumsi makanan yang kaya omega-3, protein tanpa lemak, buah & sayur. Hindari makanan dengan kadar garam terlalu tinggi, garam dapat mengakibatkan penggumpalan cairan dalam tubuh yang dapat menyebabkan kembung.

4. Minum air mineral secukupnya.

Jika tubuh kita kekurangan cairan akan memperparah rasa kram pada perut. Kurangi konsumsi kafein, karena dapat meningkatkan produksi urin. Jika tidak diimbangi dengan konsumsi cairan tubuh akan dehidrasi.

5. Konsumsi minuman atau makanan yang kaya kalsium dan vitamin D. 

Perempuan yang mengonsumsi makanan kaya kalsium & vitamin D lebih tidak berisiko mengalami Pre-Menstrual Syndrome (PMS). Asupan kalsium dalam otak dapat membantu meredakan kecemasan dan depresi, serta membantu meredakan kram otot yang dirasakan saat menstruasi. Kalsium bisa didapat dengan mengonsumsi keju, susu rendah lemak, yoghurt, susu kedelai, dll.

Saat kram perut terasa begitu mengganggu, hingga tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasa harap konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Produk BETADINE Feminine Care