Vaginal Health

Hati-hati, Ladies! 5 Makanan Ini Bisa Picu Keputihan

Article Image

Keputihan pada wanita merupakan hal yang normal terjadi karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Meskipun begitu, beberapa faktor dari luar juga turut berperan dalam menyebabkan keluarnya cairan dari organ kewanitaan; seperti stres, vagina yang kurang terjaga kebersihannya, hingga makanan yang kamu konsumsi. 

Nah, jenis makanan apa saja yang bisa memicu keputihan bila dikonsumsi terlalu banyak? Berikut informasi lengkapnya!


1. Makanan Hasil Fermentasi 

Untuk mencegah keputihan, kamu perlu menghindari jenis makanan yang dihasilkan dari proses fermentasi; seperti acar, tapai, keju, dan tempe. Pasalnya, makanan fermentasi diproses menggunakan ragi yang banyak mengandung mikroorganisme, seperti bakteri dan jamur yang kerap menyebabkan munculnya keputihan. 


2. Telur 

Tak hanya kaya akan nutrisi, telur juga jadi salah satu makanan favorit banyak orang karena bisa diolah menjadi berbagai sajian yang lezat. Namun siapa sangka, ternyata jenis makanan yang satu ini bisa menjadi pemicu keputihan. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan kalori dan protein yang dimiliki oleh telur. Untuk itu, hindari terlalu banyak mengonsumsi  telur ya, Ladies. 


3. Makanan dengan Kadar Gula Tinggi 

Meskipun lezat, makanan dengan rasa manis yang mengandung gula tinggi tentu bisa merugikan kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Tak hanya diabetes, kadar gula dalam tubuh yang terlalu banyak dapat memicu pertumbuhan jamur candida albacans pada penyebab penyakit keputihan. 

Oleh karena itu, Dr. Dwiana Ocviyanti SpOG (K) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RSCM, mennyarankan agar kamu membatasi jumlah gula dalam makanan dan minuman untuk menurunkan risiko terjadinya infeksi jamur pada ‘Miss V’.


4. Buah yang Dikeringkan 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga buah agar lebih tahan lama adalah dengan mengeringkannya. Namun, proses pengeringan ini dapat membuat buah mengandung fruktosa yang tinggi. Sama halnya dengan gula, kadar fruktosa tinggi bisa menyebabkan timbulnya keputihan karena meningkatnya pertumbuhan jamur di organ kewanitaan. 


5. Makanan Bertepung 

Jenis makanan terakhir yang perlu kamu hindari untuk mencegah keputihan adalah makanan bertepung. Hal ini tidak hanya berlaku pada makanan yang terbuat dari tepung saja, tapi juga makanan yang diolah menggunakan tepung. Penyebabnya adalah karena tepung mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Seperti yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, kandungan gula berlebih memang dapat meningkatkan pertumbuhan jamur candida albacans penyebab keputihan.


Nah, itulah lima jenis makanan yang bisa menyebabkan masalah keputihan pada wanita. Meskipun begitu, kamu masih boleh mengonsumsi makanan di atas, kok. Namun, batasi jumlah agar tidak berlebihan, ya!   



Share to

Comments

Please login to comment

0 responses

Related Articles